Wisata Murah ke Kawah Ijen, Open Trip VS Urus Sendiri

Paket murah wisata ke Kawah Ijen memang sudah banyak tersedia. Bisa dibilang paket promo wisata ke Kawah Ijen salah satu wisata di Indonesia yang membanjiri lini masa di Instagram. Tapi mudahkah untuk merencanakan perjalanan ke Kawah Ijen tanpa tour operator? SANGAT MUDAH! Berikut biaya dan tips wisata murah ke Kawah Ijen ala gw.

Jika kamu punya kendaraan pribadi, ini mungkin yang paling cost effective. Tapi jujur saja, dikarenakan kamu akan memerlukan energi penuh untuk memulai pendakian di malam hari demi melihat blue fire Kawah Ijen. Gw ga rekomen untuk menyetir sendiri ke sana, ke Desa Licin – Banyuwangi. Kecuali kalau kamu mau camping sebelum dan sesudah pendakian. Oh by the way, di sana (gerbang masuk kawasan Kawah Ijen) kamu bisa mendirikan tenda sendiri. Tersedia kamar mandi & toilet, tanpa air panas ya. Tapi di sekitar desa ini juga banyak tersedia akomodasi murah.

Okeh, berikut ini adalah cara berwisata murah ke Kawah Ijen versi paling mudah (dan murah) menurut gw;
Kamu pesan tiket kereta dengan tujuan Stasiun Karangasem! Ini adalah stasiun kereta paling dekat dengan Desa Licin – Kawah Ijen. Jadi kalian jangan turun di Stasiun Banyuwangi Baru (BW) ya, tapi turun di Stasiun Karangasem (KNE) di Banyuwangi. Sampai di sana, kamu bisa memakai jasa rental mobil / jeep untuk menjemput kamu di stasiun. Nanti barang-barang kamu bisa tinggal di mobil. Jadi selama mendaki, kamu hanya membawa barang yang kamu butuhkan saja (baca: WHAT TO BRING TO KAWAH IJEN). Dijamin aman, mas supirnya bisa dipercaya. Alternatif lain, kamu bisa sewa motor/naik ojek motor. Ada beberapa rental motor/ojek tersedia di seberang stasiun. Perjalanan ke atas, ke pintu masuk Kawah Ijen cukup mudah. Jalanan juga bagus tapi cenderung memang menanjak, dan sepi (dan dingin bo), jadi pastikan motornya fit. Sekali lagi, jika budget kamu mencukupi untuk sewa mobil, gw sangat sarankan untuk sewa mobil dan supir untuk mengantar kamu ke pintu masuk kawasan Kawah Ijen.

Tips tambahan: untuk yang berangkat dari Malang, karena keretanya memang cuma ada kereta ekonomi Tawang Alun. Sistem kursinya 3-2. Jadi sangat gw sarankan setiap orang membeli 2 kursi agar tetap nyaman untuk perjalanan 7 jam 29 menit ini.

Biaya trip Kawah Ijen (updated Oktober 2018):
Kereta Api Malang (ML) – Karangasem (KNE) Rp 62.000/orang
Mobil & Supir 10 jam Rp 450.000/mobil. Bisa muat 4-6 orang.
Tiket Masuk Kawah Ijen Rp 5000/orang.
Local Guide Rp 200.000/grup.
Rental Motor (kalau ga salah 100rb/hari) Rp75rb/24jam.
Ojek Motor (Kayanya sekitar Rp 300rb utk pp)
Feri dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk Bali Rp 6.500

Lihat lengkap harga tiket masuk Kawah Ijen beserta contoh itinerary trip di sini.

Contact person kawah ijen:
Mobil: +62 812 3576 4618 Mas Saiful Rizal (Oseng Jip Transport)
Local Guide: +62 852 3263 3835 Mas Cholili

Sebenarnya sih harga paket open trip kawah Ijen ga jauh beda sama arrange sendiri. Tapi enaknya ga ikutan open trip, kamu bisa atur jadwal sendiri, ga terburu-buru. Super rekomended, apalagi jika kamu orang yang selow / ga suka mendaki alias lelet kaya gw. 🙂

Extra info: Pemerintah Banyuwangi ternyata menyediakan transport gratis ke Kawah Ijen. Cek info lengkapnya di website BanyuwangiTourism.com. Thank you untuk juragan Rizal yang telah share info ini.

Selamat menikmati salah satu pemandangan terindah Indonesia!

Salam traveling,,
@iamMariza, anak pantai yang selalu lelet saat mendaki gunung.

LEAVE A REPLY