Tips Budgeting Liburan
📷 @yukianggia.

Hey guys, kali ini gw akan share tips budgeting liburan. Apa saja yang harus diperhitungkan agar tetap on-budget saat sebelum, saat dan setelah liburan? Nih tips gw!

Pertama kamu mesti bagi budget kamu dalam tiga kelompok: budget sebelum liburan, budget saat liburan dan budget setelah liburan.

Budget sebelum liburan? Kok bisa? Iya, saat kamu mau liburan, pasti ada hal atau barang tertentu yang kamu persiapkan untuk liburan kan? Contohnya, kalau kamu tidak punya paspor, kamu pasti harus mengeluarkan dana untuk membuat paspor terlebih dahulu. Jadi pikirkanlah segala dokumen atau perlengkapan yang diperlukan untuk liburan kamu, dan perhitungkan biaya yang akan dikeluarkan.

Budget saat liburan. Sebenarnya ada 3 budget (yang paling besar) yang harus kalian perhitungkan. Yang pertama adalah transportasi, yang kedua adalah akomodasi. Sedangkan yang ketiga adalah makan. Karena kalian pasti akan mengeluarkan biaya untuk 3 hal ini.

Jika ingin liburan mewah, berarti lebih baik sewa antar-jemput beserta supir untuk day tour. Tapi jika ingin irit, coba kalian bandingkan semua jenis transportasi. Apakah lebih baik naik bus umum, atau MRT. Jika di negara tersebut ada Uber, apakah lebih memakai aplikasi ini, atau naik taksi biasa. Jika kamu bisa menyetir sendiri mobil atau motor, apakah memungkinkan dan sesuai budget kamu?

Untuk akomodasi, juga kalian harus putuskan jenis penginapan dan lokasi. 2 Hal ini penting lho. Jenis penginapan bisa kalian pilih mau menginap di hostel, atau budget hotel atau mau go-mewah di hotel bintang 5. Lokasi juga penting, jangan sampai kalian menghabiskan waktu di perjalanan. Pilihlah tempat yang strategis dengan lokasi wisata yang ingin kalian kunjungi. Jika kalian ingin berwisata kuliner, ada baiknya lokasi hotel yang bisa jalan kaki ke tempat makan yang kalian ingin kunjungi, atau yang ga jauh-jauh amat kalau naik taksi, biar irit uang transport / uang bensin.

Nah kalau budgeting makan, silakan kalian sesuaikan sendiri ya. Ga mungkin juga kalian ga makan saat liburan. Makan itu penting. Biar ga sakit saat liburan. Saran gw adalah, silakan pilih akomodasi yang sudah menyediakan sarapan, jadi budget makan di luar hanya makan siang dan makan malam. Buat yang ingin ke Singapura, ternyata sudah mulai banyak hotel-hotel yang rate kamarnya sudah include makan pagi, makan siang dan makan malam lho. Di tempat gw menginap kemarin, sampai snack barnya juga free lho. Mayan banget untuk irit budget makan. Jadi silakan kalian lakukan riset terlebih dahulu sebelum berangkat.

Lalu, budget setelah liburan yang seperti apa? Contoh, saat kalian akan kembali, apakah akan ada tagihan yang harus kalian bayar? Seperti tagihan pulsa, tagihan kost/kontrakan atau tagihan listrik dan kartu kredit? Jangan lupa untuk sisihkan dana untuk ini ya. Jangan sampai semua uang kamu sudah terpakai saat liburan.

Jika 3 budget diatas sudah kamu hitung dan sudah terpenuhi dananya. Ada baiknya kamu juga sisihkan budget investasi untuk liburan kamu berikutnya. Sekarang ini, melakukan investasi sudah jauh lebih mudah lho. Sebut saja salah satu investasi yang sudah gw lakukan saat ini, namanya KoinWorks.com. Bukan, ini tidak ada hubungannya dengan bitcoin. Gw ga siap investasi dengan bitcoin. Gw mah suka investasi sama yang pasti-pasti aja. Yang bisa mulai dengan modal kecil! Di KoinWorks.com sudah bisa mulai investasi dengan modal Rp100rb aja lho. Investasinya juga beragam, ada pilihan produk investasi yang semuanya bisa diotomatisasi, di mana kita bisa berinvestasi secara otomatis. Monitoring investasinya bisa pakai app hp. Jadi enak dan mudah monitoringnya. Selain itu, gw pilih KoinWorks.com karena resiko investasi ini juga kecil dibandingin yang lain. Di KoinWorks.com, terdapat Dana Proteksi sebagai dana ganti rugi untuk meminimalisir risiko kerugian gagal bayar.

Mau tau lebih jauh tentang investasi ini? Cek saja websitenya atau kalau kamu sudah mendengar mengenai investasi ini dan mau daftar sekarang, kamu pakai saja kode Mariza60 saat isi form di website KoinWorks.com. Jika kamu input kode ini, kamu akan dapatkan kredit senilai 60rb dari gw. Asik kan?

Ps: buruan daftar secepatnya mumpung masih ada kompetisi 30 Hari #PastiJadi. Hadiah utamanya Rp 10 juta lho. Cek infonya di koinworks.com/pastijadi.

Daftar Sekarang

Selamat berlibur (dan mencoba berinvestasi!) ya.
@iamMariza, yang lagi budgeting ke Eropa tahun ini.

 

SHARE
Previous articleHotel di Bandung yang Instagramable!
Next articleQuincy Hotel Singapore Review
Born and raised in a multicultural family, her parents introduced to her the world of traveling at a young age. She is the founder of lagunatrip.com. Follow her rants and ramblings about her life as a traveler on her Twitter/IG: @iamMariza

LEAVE A REPLY