Cara buat SIM internasional itu gampang banget! Sungguh gw ga boong. Cuma bawa dokumen lengkap aja. Ga ada test ini, test itu, test sana, test sini. Beneran! Prosesnya pun terbilang luar biasa cepatnya. Cukup 15-30 menit aja!

Tapi sayangnya, SIM internasional itu hanya bisa dibuat di Jakarta saja. Iya benar, kalau kamu berdomisili di Makassar dan kepingin punya SIM internasional, kamu harus ke Jakarta untuk membuat SIM yang kamu mau ini. Hanya di Ikatan Motor Indonesia KORLANTAS POLRI Jakarta yang bisa mengeluarkan SIM Internasional buat kamu pemegang paspor Indonesia.

Apa aja yang dipersiapkan untuk membuat SIM Internasional? Berikut dokumen yang harus kamu bawa!
KTP + 1 fotocopy KTP
SIM nasional yang masih berlaku + 1 fotokopi SIM
Paspor yang masih berlaku + 1 fotokopi paspor (bagian yang ada foto kamu)
4 lembar pas foto berwarna latar biru ukuran 4×6. Untuk pria pakai dasi. Kalau wanita pakai blazer.
1 lembar materai.

Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan SIM internasional?
Rp 250 ribu saja. Dan SIM internasional ini hanya berlaku 3 tahun saja lho.
Sedangkan biaya perpanjangan SIM internasional sedikit lebih murah Rp 225 ribu.

Cara membuat SIM internasional?
Bawa semua dokumen + uang untuk membayar biaya yang disebutkan di atas ke KORLANTAS Polri Jakarta yang berlokasi di Jalan MT. Haryono Kav 37-38, Jakarta 12770. Tidak bisa diwakilkan ya. Jadi kalau kamu mau membuat SIM Internasional untuk kamu, yah kamu datang sendiri ke sana. Bukan kakak kamu, bukan mama kamu, bukan tante kamu. Pokoknya tidak bisa diwakilkan dan ga bisa daftar online kaya SIM nasional. 🙂

Di sana kamu akan diminta memberikan dokumen tersebut, kemudian mengisi form verifikasi, kemudian setelah petugas verifikasi dokumen kamu, kamu akan diambil fotonya dan juga sidik jari kamu.

KORLANTAS nya buka setiap hari?
NGGA. Pelayanan pembuatan SIM internasional hanya bisa dilakukan setiap hari Senin – Jumat pukul 08:30 – 15:00. Sabtu, minggu dan hari Raya pasti tutup!

SIM internasional kita bisa dipakai di negara mana aja? negara-negara eropa bisa. di Australia juga bisa, di New Zealand bisa. Daftar negara yang lengkap bisa dilihat di sini.

Nah kalau mau nyetir di negara ASEAN, sebenarnya kamu tidak perlu membuat SIM internasional. Karena SIM nasional kita juga berlaku di negara-negara ASEAN lainnya (Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja).

Gimana, cara buat SIM Internasional cukup mudah bukan? Eitsss jangan buru-buru buat SIM Internasional kalau kamu belum butuh. Ingat SIM ini hanya berlaku 3 tahun saja.

Salam,
@iamMariza, yang baru sadar SIM Internasionalnya sudah tidak berlaku lagi di tahun ini.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY