adhisthana Hotel Penginapan Jogja
Adhisthana Hotel in Yogyakarta.

Sekarang gw mau sharing pengetahuan gw tentang penginapan jogja di bawah Rp 150 ribu dengan fasilitas kolam renang. Tipe penginapan yang mau gw bahas adalah penginapan di jogja yang mempunyai kamar tipe Dormitory atau yang juga dikenal dengan kamar asrama. Yuk kita bahas satu-satu dari harga termurah sampai yang termahal.

Abrakadabra ARTBNB Rp 80rb – 6 beds.
Penginapan yang satu ini tentunya juga sudah masuk di rekomendasi gw di postingan 6 Hostel Unik di Yogyakarta, di Bawah Rp 100 ribu!. Selain mempunyai suasana artistik, salah satu pemilik penginapan ini juga sangat mengerti mengenai tanaman lho guys. Inilah alasan kenapa penginapan Abrakadabra penuh dengan tanaman-tanaman yang buat tempatnya makin asri. Jadi bagi yang hobi bercocok tanam, mungkin kalian bisa memilih penginapan yang satu ini. Jika dilihat dari segi kapasitas ruangan, Abrakadabra mempunyai beberapa kamar asrama. Salah satu kamar asrama yang Abrakadabra punyai adalah kamar asrama berisi 6 kasur dengan luas ruangan yang tidak terlalu luas. Sehingga satu kasur dengan kasur lainnya cukup berdekatan. Tapi jangan khawatir, setiap kasurnya dilengkapi dengan tirai masing-masing sehingga privasi masih terjaga.

Losmanos Hostel Rp 80 ribu – 8 beds.
Dibandingkan dengan hostel di bawah Rp 100 ribu lainnya, Losmanos Hostel mempunyai ukuran kolam renang yang paling besar. Selain halaman yang luas, Losmanos Hostel juga mempunyai 1 pendopo yang mereka gunakan untuk dijadikan kamar tipe dormitory, ukurannya sangatlah luas. Walaupun berkapasitas 8 kasur dan hanya dilengkapi kipas angin saja, dormitory ini masih terasa nyaman dan adem lho.

TRAVA house Rp 90 ribu – 4 beds.
Penginapan yang lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Selatan Kraton dan Prawirotaman ini adalah penginapan yang paling baru di Jogja. TRAVA House secara resmi dibuka pada bulan September 2017. Penginapan dengan bangunan baru ini, dibangun dengan gaya minimalis dan industrial look tapi dengan suasana yang homey. Kamar asrama yang dipunyai penginapan TRAVA house sangatlah nyaman untuk traveler yang tidak mencari kamar asrama berkapasitas besar. Pemiliknya sengaja hanya menempatkan 4 kasur dalam 1 kamar asrama. Hal ini untuk menjaga kenyamanan tamunya. Karena semakin banyak kasur, makin banyak orang yang kamu tidak kenal yang tidur di dalam satu ruangan. Jadi untuk kamu yang mencari kamar asrama yang nyaman, tidak berisik, tidak penuh dengan banyak orang, penginapan TRAVA house sangatlah cocok untuk kamu. Seperti penginapan lainnya, setiap kasur telah dilengkapi dengan colokan listrik, kipas angin masing-masing dan tempat penyimpanan tas yang besar yang bisa kamu kunci agar barang-barangmu tetap aman. Kamu pun bisa tidur tenang dan nyaman. Lihat penampakan kamar-kamar TRAVA house di www.travahouse.com.

Venezia Homestay and Garden 125 ribu – 8 beds.
Penginapan di Jogja yang ini merupakan salah satu penginapan yang berdiri paling lama di antara semua penginapan Jogja yang disebutkan di postingan ini. Tapi tenang saja, desainnya masih up-to-date kok. Sayangnya kapasitas yang mereka punya terbilang cukup ramai jika penuh, 1 ruangan ada 8 beds. Jadi jika kamu mencari ketenangan yang lebih, mungkin tempat ini kurang cocok untuk kamu.

The Patio Yogya 130 ribu – 4 beds.
Selain TRAVA house, penginapan The Patio Yogya juga terbilang penginapan yang baru dibuka. Kalau ga salah, penginapan yang satu ini buka akhir tahun lalu (2016). Rumah Belanda ini diubah menjadi penginapan modern dengan suasana tentram tanpa menghilangkan nilai sejarah bangunan rumah ini. Lokasi The Patio Yogya, terletak di dalam gang kecil yang hanya bisa diakses motor dan dengan berjalan kaki. Namun karena letaknya sangatlah dekat dengan Sultan Palace alias Kraton Jogjakarta dan Jalan Wijilan, city tour dengan berjalan kaki sangatlah mungkin untuk dilakukan.

Adhisthana Hotel Rp 135 ribu – 6 beds
Menurut gw, penginapan Adhisthana Hotel adalah satu-satunya penginapan berkategori hotel butik di Jogja yang mempunyai tipe kamar asrama atau dormitory room. Sesuai dengan fasilitas dan harga, sebenarnya penginapan ini lebih cocok untuk traveler kategori flashpacker, semacam backpacker dengan budget lebih dari backpacker biasa. You get what you paid for, dormitory yang nyaman dilengkapi AC dan layanan fasilitas yang cukup mewah.

Itulah 6 penginapan di Jogja di bawah Rp 150 ribu yang mempunyai fasilitas kolam renang. Kalian tertarik mau coba yang mana dulu? Yuk share di kolam komen di bawah 🙂

Salam traveling,
Mariza, salah satu yang punya TRAVA house. Hehe

Disclaimer: Price is correct at time of writing, based on 1 person occupancy per night each bed in one dormitory.

20 COMMENTS

LEAVE A REPLY