Liburan Murah ke Yogya
Flamingo yang menghuni kolam renang Trava House

Liburan murah ke Yogya dengan budget Rp300rban, bisa ga sih? Bisa donk. Berikut tips & trik cara liburan murah ke Yogya bareng sahabatmu!

Kereta VS Pesawat
Kalau kamu berada di pulau Jawa, cara termurah ya naik kereta KAI. Selain murah, naik kereta juga lebih mudah lho. Kalau kamu naik KAI, kamu akan langsung tiba tepat di kota Yogya! Berapa sih harga tiket kereta termurah ke Yogya? Kalau dari Jakarta, paling murah itu Rp74rb untuk kereta kelas ekonomi. Berangkat dari Stasiun Pasar Senen (PSE), tiba di Stasiun Lempuyangan (LPN) Yogyakarta. Ingat, semua kereta kelas ekonomi sudah dilengkapi dengan AC dan tidak ada lagi pedagang kasongan yang naik ke dalam kereta. Jadi jauh lebih nyaman dibandingkan kereta pada tahun 90an. Hanya saja, sandaran kursinya tidak dapat diubah posisinya. Jadi kadang gw suka beli tiket ekonomi 2 kursi daripada 1 kursi bisnis untuk gw sendiri. Biar lebih nyaman aja, dan total harga 2 kursi ekonomi memang ga jauh beda dari harga 1 kursi kereta kelas Bisnis, yang kursinya juga ga reclining. Gw selalu beli tiket kereta secara online biar bisa pilih kursi sendiri. Biasanya gw beli melalui app Tiket / Traveloka / Mister Aladin, tergantung mana yang lagi kasih promo lebih besar.
Nah kalau naik pesawat, ingat ya Yogyakarta punya 2 airport aktif; Adi Sutjipto (JOG) dan New Yogyakarta Airport (YIA). Kalau dari JOG ke pusat kota (Malioboro) naik transjogja bus hanya Rp3600 (perjalanan sekitar 40 menit kalau ga macet), tetap murah tapi hanya tersedia dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Kalau dari YIA, nah ini jauh banget lokasinya (sekitar 1.5jam dari pusat kota kalau ga macet). Paling murah naik bus damri Rp40rb untuk meraih pusat kota Yogyakarta dari YIA. Gw sendiri, walaupun ada tiket pesawat promo yang benar-benar murah, gw tetap akan pilih naik kereta. Lebih murah, lebih santai, lebih berkesan.

Terus nanti menginap di mana yang murah?
Kalau kamu ingin yang murah tapi bersih dan nyaman. Gw saranin untuk menginap di Yogyakarta BnB dan Sante Commune, dua-duanya, harganya sangat terjangkau, instagramable dan dekat sama Jalan Malioboro. Tinggal jalan kaki sedikit, langsung sampe. Lupakanlah Trava House, penginapan yang unyu-unyu ini sering fully booked cyn! Ini gara-gara ada flamingo yang menghuni kolam renang mereka. 🙂 Kalau mau di Trava House, mesti pesan jauh-jauh hari ya, disarankan 1-3 bulan sebelum tanggal menginap. Untuk menginap di tiga tempat yang gw sebutkan tadi, kamu cukup membayar Rp90rb saja. Sudah tidak ada biaya tambahan lainnya. Wifi dan sarapan sudah termasuk dalam tarif tersebut! Bahkan kamu juga bisa memakai dapur mereka dengan gratis, seperti di rumah sendiri. Kopi dan teh juga tersedia gratis sepanjang hari. Kalau kamu memang mau explore daerah-daerah di luar kota Yogya, kamu bisa sewa motor di mereka, tarifnya Rp 70rb per 24 jam.

Berikut rincian dana liburan murah ke Yogya selama 3 Hari 2 Malam:
Tiket Yogya PP Rp 74rb x 2 perjalanan.
Penginapan Rp 90rb x 2 malam
Total Rp 328.000

Untuk biaya lain seperti transportasi / tour dan makanan tidak gw cantumkan karena biaya itu tergantung dari itinerary kalian dan seberapa besar kalian suka jajan. 🙂

Tunggu apalagi? Langsung aja hunting tiket kereta murah yang kalian inginkan sesuai budget kalian, dan pesan penginapannya sebelum sold out.

Baca juga:
Liburan Murah & Seru di Yogyakarta Cuma Rp 100rban!

LEAVE A REPLY