Liburan ke Chiang Mai Lakukanlah 6 Aktivitas Ini

Kamu berencana liburan ke Chiang Mai? Berikut 6 aktivitas yang disarankan langsung oleh pakarnya, @WisataThailand dari TAT (Tourism Authority of Thailand) waktu kami mengikuti #WomensJourneyThailand2017 di Chiang Mai.

MAIIAM CONTEMPORARY ART MUSEUM
Jujur sih, gw ga ngerti art. Tapi memang gw jadi suka seni kontemporer sejak gw pindah ke Yogyakarta, yang merupakan the capital of contemporary art in South East Asia. Nah waktu @WisataThailand mengajak kami ke salah satu contemporary art museum yang baru dibuka di Chiang Mai, hati gw langsung berbinar. Dan benar saja, MAIIAM art gallery and museum ini patut untuk dikunjungi saat berwisata di Chiang Mai – Thailand. Koleksinya bikin mengulik pikiran, membuat gw berpikir bahwa memang benar seni kontemporer asia telah berkembang pesat. Saat kami berkunjung, bahkan ada karya seniman dari Thailand yang menonjolkan budaya Indonesia. HTM: THB 150.

Saat kami di MAIIAM. Shot taken by @SatyaWinnie
Saat kami di MAIIAM. Shot taken by @SatyaWinnie

MEENA RICE BASED CUISINE
Tempat ini bisa jadi restoran favorit gw selama kami jalan-jalan di Chiang Mai. Tempatnya nyaman banget dan makanannya beneran enak, guys! Sesuai nama restoran ini, menu-menu andalan mereka adalah nasi. Nasinya unik banget, warna-warni gitu. Tapi jangan khawatir, semuanya alami kok, karena diambil dari tumbuhan. Selain menu nasi, menu udang crispy dan Thai Tea-nya mesti kalian cobain. ENAAAAAAK. Sungguh!
Baca juga:

Menu unik di Meena Rice Based Cuisine
Menu unik di Meena Rice Based Cuisine

PONGYANG ZIPLINE AND JUNGLE COASTER.
Suka adventure atau tidak, Zip-lining di Chiang Mai adalah salah satu aktivitas yang HARUS kamu lakukan di Chiang Mai. Buat yang belum tau mengenai aktivitas Zip-lining, jika gw coba jelaskan secara singkat, Zip-lining atau ZIP LINE itu adalah nama lain dari Flying Fox. Nah kenapa kamu mesti masukin PONGYANG ZIPLINE ke itinerary kamu? Karena di PONGYANG ZIP LINE, ada 34 tahap zip-line. Tiap Zip Line beda ketinggian, bahkan tipenya beda-beda. Ga cuma duduk gelantungan aja. Ada yang kaya terjun bebas, ada yang pakai skateboard. Dan yang paling seru, adalah saat gw cobain salah satu zipline nya ada yang panjangnya 800 meter. Edan banget! Seru abis.

MAESA ELEPHANT CAMP & Thai Elephant Care Center.
Gw adalah tipe orang yang berpendapat bahwa semua hewan harus hidup bebas di habitat alami nya. Jadi gw SANGAT tidak suka dengan kebun binatang atau tempat yang setipe (seperti SEA WORLD). Nah waktu itu gw sangat Be-Te saat diajak ke MAESA ELEPHANT CAMP & Thai Elephant Care Center. Tapi….iya ada tapi nya. Ternyata tempat ini tidak sesuai dengan dugaan gw. Semua gajah yang ada di camp ini diperlakukan seperti anggota keluarga mereka sendiri. Tidak ada gajah di sini diperlakukan buruk. Tidak ada gajah di sini yang overworked. Kesehatan mereka sangat dijaga sehingga jumlah gajah di sini bertambah karena karena mereka hidup sehat sampai mereka tua. Bukan lagi karena mereka mengambil gajah liar dari habitatnya. Saat kami mengunjungi tempat ini, kami diperkenalkan lebih jauh mengenai elephant camp dan elephant care center di Thailand. Dari sini, gw menyadari ternyata ga semua tempat wisata gajah itu buruk dan kejam. Jadi buat yang lagi di Chiang Mai, gw sangat rekomen untuk mengunjungi MAESA Elephant Camp & Thai Elephant Care Center.

WAT PHRA THAT DOI SUTHEP.
Bisa dibilang kunjungan ke Chiang Mai tidak lengkap kalau belum melihat kuil yang satu ini. Memang benar, waktu gw ke sana, gw kira akan seperti kuil lainnya di Thailand. Jadi tidak akan terkesan wow buat gw. Tapi ternyata gw salah. Saat kami tiba, suasananya pun sangat tenang dan ada beberapa orang lokal yang sedang beribadah. Walaupun terbilang kecil, kuil ini terlihat mewah. Karena letaknya di atas bukit, saat kami tiba setelah sunset time, kuil ini sudah diselimuti oleh kabut malam. Walaupun kami tidak bisa melihat panorama kota Chiang Mai, kabut ini justru memberikan efek yang sangat spesial buat gw.

The magical WAT PHRA THAT DOI SUTHEP
The magical WAT PHRA THAT DOI SUTHEP

NIGHT MARKET.
Kalau mengunjungi negara asia tenggara, night market harus dimasukan ke dalam itineray kalian! Menurut gw, night market atau pasar malam adalah saat yang tepat untuk melihat dan merasakan sesuatu yang benar-benar lokal. Terutama jika kamu ingin berwisata kuliner dan mencari barang khas negara tersebut untuk dijadikan oleh-oleh. Top 3 Night market di Chiangmai adalah Night Bazaar di sepanjang Chang Klan Road, Saturday Night Market di Wualai Road, dan Sunday Night Market di Rachadamnoen Road. Jangan sampai salah jam ya, night market ini biasanya sudah tutup jam 10an lho.

Ada aktivitas lainnya yang pingin kalian share di sini? Share via comment ya.

@iamMariza – yang masih bingung sebenarnya yang bener itu Chiang Mai atau Chiangmai sih?

Disclaimer: #WomensJourneyThailand2017 is an invitational trip hosted by @WisataThailand from TAT (Tourism Authority of Thailand) Jakarta. All opinions expressed are my own and do not reflect the view of TAT.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY