Liburan di Bali enaknya kemana? Enaknya di Bali nginep di daerah mana? Enaknya wisata kuliner di Bali di daerah mana? Kalau kamu nanya ke gw sih, gw pasti jawab Canggu.

Apalagi kalau kamu berlibur ke Bali dengan tujuan bukan party-party banget. Jujur sih gw dah ga suka yang namanya daerah Kuta, Legian, maupun Seminyak. Buat gw daerah-daerah itu udah mainstream banget. Terlalu banyak banget turis dan macet. Tapi gw juga ga terlalu suka daerah yang sepi-sepi banget kaya Nusa Dua, Ubud atau Sanur. Itu mah destinasi turis yang kepingin bulan madu. Jadi selama 2 tahun belakangan ini (ps: gw ke Bali bisa 3-4x dalam setahun ya), gw selalu memilih tinggal di daerah Canggu. Daerah yang menurut gw masih ga terlalu rame dengan hal-hal yang berbau touristy tapi ada banyak opsi untuk belanja atau makan, masih bisa lihat sawah di kanan kiri jalan dan bahkan kita juga bisa cuci mata (read: banyak surfer ganteng berkeliaran di cafe dan pantai di daerah Canggu).

Sayangnya di daerah Canggu, budget hotel masih jarang banget. Homestay lumayan banyak tapi harganya kadang hampir sama dengan budget hotel daerah Kuta. Daerah Canggu adalah the next big thing after Seminyak. Bayangin aja rata-rata harga bed di dormitory di Canggu itu sekitar 170rb. Sedangkan di daerah Kuta rata-rata sekitar 80-120rb aja. Maka dari itu, bisa gw bilang kalau harga akomodasi dan makanan di Canggu ga semurah dengan yang ada di Kuta Legian.

Sebenarnya Canggu itu adalah daerah villa-villa mewah yang harganya mahal. Baik untuk liburan singkat maupun liburan panjang. Jadi ga heran kalau bule-bule yang berkeliaran di pantai batu bolong dan echo beach adalah bule-bule yang terbilang ga kere dan ga rese. Mereka bisa liburan di bali sampai berbulan-bulan lho. Biasanya sih mereka para digital nomad atau expatriat yang memang punya usaha di Bali. Tapi berhubung Canggu dah mulai ramai, mulai banyak villa mewah yang harga murmer lho. Cek aja postingan gw tentang Villa Sarang.

Berarti makanan di Canggu juga mahal-mahal donk? Kalau mau makan ala bule, wah di daerah Canggu itu heaven banget. Harganya yah harga rata-rata makanan bule. Sekitar 50rb keatas untuk main course. Untuk standard rasa, resto atau kafe di Canggu dijamin jauh lebih enak dibandingin kafe abal-abal di daerah Kuta Legian. Tempat makan favorit gw untuk sarapan adalah Canteen Cafe di jalan Batu Mejan. Sedangkan untuk makan siang gw suka banget Roti Canai atau Betelnut Cafe di jalan Pantai Batu Bolong, dan untuk makan malam gw suka dinner di Deus yang lokasinya ga jauh dari tempat-tempat yang dah gw sebutin itu. Untuk opsi makanan sehat, coba The Shady Shack di jalan Tanah Barak! Ga mau makan makanan mahal? Kamu juga punya opsi makanan dengan harga lokal kok. Jangan takut, masih ada nasi padang, warung nasi campur bali atau jawa yang friendly di kantong kita. Favorit gw adalah warung di depan Polsek Kuta Utara di jalan pantai Batu Bolong. Masakan jawanya aseli enak! Dan tempat ini buka dari siang ampe tengah malam lho. Pas banget kalau kelaperan habis begaul.


Nah kalau ngomongin begaul ngebeer ala hipster, ada 4 tempat yang gw bisa rekomendasi. Tempat favorit gw adalah Old Man’s. Happy hour mereka adalah jam 5-6 sore dengan promo buy 1 get 1 untuk semua minuman. Bayangin aja kamu bisa dapet 2 beer dengan harga 25rb. MURAH BO! Setelah itu lanjut ke Deus untuk dinner. Setelah dinner time, biasanya Deus ada live music atau DJ. Kalau misalnya Deus sepi, bisa kembali ke Old Man’s atau lanjut ke Pretty Poison Bar and Skate Bowl di Jalan Subak Canggu. Nah tempat persinggahan terakhir (read: diatas jam 1 malam) adalah Sand Bar di Echo Beach atau Sand Bar II di Batu Bolong Beach yang lokasinya ga jauh dari Old Man’s.

Jadi kalau kamu lagi merencanakan liburan di Bali yang ga terlalu padat explore sana-sini. Pinginnya santai aja, makan tidur makan sunsetan terus begaul, Canggu adalah daerah yang cocok banget buat kamu!

Cheers,
@iamMariza, yang kepingin banget punya homestay di Canggu.

LEAVE A REPLY