jalan-jalan murah keliling eropa

Lagi berencana jalan-jalan murah keliling eropa? Gw akan bagikan 4 cara jitu untuk keliling eropa tanpa menguras kantong.

Cara 1: Hitchhiking.
Hitchhiking atau nebeng! Cukup sering gw lihat traveler yang berdiri di pinggir jalan memegang selembar karton bertuliskan nama kota yang mereka ingin pergi. Yak benar, mereka lagi mencari tebengan gratis ke kota tersebut atau kota terdekat. Paling sering gw lihat di Perancis. Sebenarnya di eropa (katanya), hal ini tidak “legal” lagi, alias sebenarnya ga boleh. But people are still doing it anyway. HAHA! Jadi saran gw kalau kalian tetap mau hitchhike, gw saranin cari tebengan di pom bensin atau di MCD yang dekat jalan tol, ini cara yang paling aman, jitu dan “less illegal”. Jangan pas di tikungan, apalagi pas di pinggir jalan tol. 🙂

Cara 2: Terbang naik budget airlines
Eropa mempunyai lumayan banyak budget airlines yang sistemnya hampir sama kaya airasia. Rute penerbangannya juga dah banyak banget. Kadang dari negara A ke negara B ratenya cuma 19 Euro. Jadi kalau kalian traveling light hanya dengan tas kabin saja, gw sangat rekomen ini. Eh tapi kalaupun kalian punya bagasi, tinggal beli bagasi aja sih. Biasanya bagasi sekitar 20-30 euro. Masih terjangkau kan?! 1 Euro = IDR 16.800 (Exchange rate tanggal 20 Agustus 2018).

Cara 3: Nebeng di eropa via Blablacar.com
Sebuah website yang menghubungkan orang yang ingin kasih tebengan dengan yang mencari tebengan, kalau di eropa namanya sistem carpooling. Tentunya, destinasi tebengan sudah ditentukan oleh yang kasih tebengan. Tapi karena usernya banyak banget, jadi kalau kalian lagi cari tebengan dari kota A ke kota B, kalian coba aja cari di blablacar.com, siapa tahu ada yang cocok. Sebenarnya ini bukan opsi yang paling murah sih. Kalian tetap harus bayar. Iye, ini ga gratis cuy. Tapi kadang ini lebih murah (dan lebih efisien) dari pada naik pesawat / kereta / bus.

Cara 4: Naik Flixbus dan Flixtrain
Yang ini favorit gw! Sign up aja di websitenya, nanti kamu akan update dengan promo-promo mereka. Kadang dari kota A ke kota B cuma 5 euro. Dari negara A ke negara B pun mulai dari 15 euro. Murah cyn. Mau cara yang lebih murah walaupun booking last minute? Cek postingan gw tentang Keliling Eropa 5 Negara cuma 99 euro!

Kalau kalian punya tips-tips lain untuk jalan-jalan murah keliling eropa, ayo share di sini juga ya! Sharing is caring.

Baca juga: SIM Card Internasional yang murah.

LEAVE A REPLY