hal-yang-perlu-diingat-saat-apply-visa

Masih melanjutkan tips gw mengenai cara apply visa turis australia, gw juga mau share beberapa hal yang perlu diingat saat apply visa, pada umumnya!

Perlu ga sih beli tiket pesawat saat apply visa?
Tidak perlu. Justru sangat tidak disarankan untuk membelinya sebelum kamu sudah dapat visanya. Yang penting dana untuk beli tiket + akomodasi + makan + hiburan sudah ada dalam tabungan.

Aplikasi visa aku pernah ditolak, boleh apply lagi pakai dokumen yang berbeda ga?
Jangan pernah kasih dokumen/data palsu. Kalau ketauan, kamu bisa masuk daftar black-list mereka lho. Mending ditolak beberapa kali, dari pada masuk daftar black-list.

Kalau pernah ditolak visanya, perlu kasih tahu juga ga?
Iya. Gw pernah ditolak 3x saat apply visa ke-2 Amerika. Dan waktu gw apply visa Australia, gw kasih tau di form 1419 bahwa gw pernah ditolak oleh kedutaan Amerika.

Kalau apply visa turis, nanti boleh sambil kerja ga?
Ngga donk. Apply visa sesuai tujuan kamu ya. Kalau mau liburan aja yah kamu apply visa turis. Kalau mau kerja, yah jangan apply visa turis. Kalau mau kaya gw di tahun 2014, gw jalan-jalan sambil kerja di Australia, berarti kamu apply aja Work & Holiday Visa aja. Saat ini hanya 1 negara yang menyediakan visa jenis Work & Holiday Visa (WHV) untuk pemegang paspor Indonesia. Negara itu adalah tetangga kita; negara Australia. Kabarnya di tahun mendatang, New Zealand juga akan memberikan WHV untuk pemegang paspor Indonesia.

Berapa lama sih proses visa turis Australia?
Tiap kedutaan punya waktu proses yang berbeda-beda. Ada yang 15 hari, ada yang lebih lama dari 20 hari. Kalau untuk Kedutaan Australia, normalnya sekitar 15 hari kerja (sabtu, minggu dan tanggal merah ga dihitung ya). Paling cepat 3 hari kerja. Visa gw waktu itu diapprove dalam 4 hari kerja. Gw serahin dokumen hari Jumat. Hari Senin dokumen gw dah diteruskan dari AVAC ke kedutaan Australia. Pada hari Kamis, visa gw dah diapprove. Visanya dikirim lewat email dalam bentuk e-visa. Di email ini akan ada attachment berisi data kamu dan detil visa (visa grant number, durasi visa dll). Pastiin data ini benar. Kalau salah, kamu kasih tau mereka untuk benerin datanya. Attachment ini kamu print dan dilampirkan di paspor saat kamu berangkat ke Australia.

Masih kurang jelas? Tinggalin aja jejak di kotak komentar ya.

Cheers,
– @iamMariza – yang paling ga suka apply visa.

SHARE
Previous articleAyo ke Turki GRATIS!
Next articleMove On Yogya – Traveler’s Review
Born in Surabaya and raised in Jakarta in a multicultural family, her parents introduced to her the world of traveling at a young age and she has been addicted to backpacking since 2008, dumping her tourist status quo. She is the founder of lagunatrip.com. Follow her rants and ramblings about her life as a traveler on her Twitter: @iamMariza

2 COMMENTS

  1. artikel ini nich yg saya cari…february rencana mau nonton WSBK di philip island..kalo acara nonton balap..jelas pake visa turis, wong keperluan cuma sekitar 4 hari kok ( mau lama lama duit ngak cukup,jhiahaha) kira kira brapa duit yg harus di siapkan yach…? and masalah buat surat keterangan kerja..kayaknya harus sama yg admin gunakan,,karna saya juga pekerja lepas…bisa kasih contoh ke mail saya mind..? ( essensay@gmail.com..oke thanks sebelumnya..

    View Comment
    • Untuk jumlah uang sih relatif mas. Ga ada peraturannya minimumnya. Tapi biasanya saya budgetin $60x byknya hari di sana + uang tiket pp.
      Kalau untuk contoh surat keterangan, sama kaya bikin CV kerja tapi dibikin kreatif aja. Hehe.

      View Comment

LEAVE A REPLY