Europe FlixBus Honest Review. Image by Flixbus

Tertarik untuk keliling europe pakai Flixbus / Flixtrain? Seperti apa sih bus dan kereta murah di eropa yang satu ini? Berikut Europe FlixBus Honest Review dari gw!

Harganya worth it ga?
Ga ada yang bisa ngalahin tarif bus yang satu ini. Bayangin aja dari kota A ke kota B harganya mulai dari 5 Euro aja. Apalagi dengan adanya Flixpass Interflix, jalan-jalan kelilling eropa jadi lebih mudah, flexible dan ga mahal walaupun booking last minute.

Bersih ga sih?
Kalau gw perhatikan, penumpang diijinkan untuk naik ke dalam bus, busnya selalu dibersihkan oleh drivernya. Di setiap kursi diberikan plastik sebagai tempat sampah. Berhubung orang-orang eropa memang sadar kebersihan, jadi memang busnya ga kotor kaya yang di Indonesia.

Ada toiletnya ga kak?
Setiap bus, mau rute pendek atau rute jauh, pasti ada toiletnya. Dan juga disediakan tisu toilet sama mereka. Tapi ingat, selalu buang tisunya di kotak sampah, bukan di lubang toiletnya ya. Dan air kerannya ga bisa untuk minum.

Boleh makan di dalam bus?
Menurut website Flixbus, penumpang diperbolehkan untuk makan dan minum di dalam bus selama makanan/minuman kamu tidak mempunyai bau tajam yang mengganggu penumpang lain. Tapi pernah 1x gw naik bus dari Rennes ke Paris. Mungkin karena kesal sama penumpang yang bikin busnya kotor, jadi si supir (sambil marah-marah dalam bahasa perancis) ga bolehin penumpang untuk bawa tas kecilnya ke dalam bus, biar ga ada yang bisa makan/minum dalam bus. Ngeselin banget.

Bisa ngerokok dalam bus?
TIDAK BOLEH! Tapi dari yang gw perhatikan, di setiap perjalanan yang perjalanannya lebih dari 6 jam, supir bus akan berhenti 1x (break stop) di pom bensin dalam tol. Nah pas break ini, kamu bisa ngerokok atau beli snacks di minimart yang ada di pom bensin itu.

Bisa ngecharge hp ga?
Yoi! Di setiap kursi pasti ada colokan listrik / colokan usb yang bisa dipakai untuk nge-charge. Tapi memang, terkadang ada colokan listrik yang ga mau nyala. Jadi biasanya gw pilih duduk yang paling depan, satu sisi sama supir dan gw langsung cek dulu colokannya bisa dipakai atau ngga.

Dah termasuk bagasi?
Iya. Di setiap tiketnya dah termasuk: 1 tas kecil (max 7kg), 1 backpack besar / koper (max 20kg) dan wifi gratis.

Hah..ada wifi gratis?
Kamu bisa langsung login dengan kuota gratis 150MB yang bisa dipakai di dalam bus selama perjalanan. Kalau misalnya wifinya ga jalan, tinggal tanya ke supir. Kalau supirnya bilang wifinya lagi ga jalan, berarti nasib kamu lagi suek. Untungnya gw punya SIM CARD yang gw bawa dari Indonesia, jadi sebenarnya fitur wifi gratis, ga ngaruh-ngaruh banget sama gw.

In overall, pengalaman gw naik flixbus menyenangkan kok. Selain murah, cukup nyaman juga. Kadang gw dapat yang bus tingkat (double decker), yang merupakan favorit gw. Dan gw pasti pilih yang lantai atas dan paling depan, biar dapat view okeh. Tampaknya kalau rute kamu lebih dari 11 jam, kamu akan dapat bus double decker deh.

Sekian europe flixbus honest review dari gw. Silakan booking tiket Flixbus kamu sekarang!
Eh jangan lupa baca postingan gw yang ini: Jalan-jalan Murah Keliling Eropa dan Keliling Eropa 5 Negara cuma 99 Euro!

LEAVE A REPLY