Kamu ingin mengurus sendiri Visa Kunjungan (subclass 600) Australia? Berikut panduan singkat persyaratan serta cara mudah membuat Visa Turis Australia untuk kamu yang berencana wisata atau liburan di Australia.

Ikuti langkah-langkah mudah ini!

  1. Buat akun ImmiAccount di situs Imigrasi Australia: https://online.immi.gov.au/lusc/register
  2. Ajukan permohonan visa kunjungan (visa turis) di https://homeaffairs.gov.au/trav/visa/immi
  3. Bayar dengan kartu kredit. Harga visanya AUD 140 (sekitar Rp1,6jt).
  4. Unggah semua dokumen pendukung. Liat checklistnya di sini.
  5. Tunggu visa kamu disetujui via email.

Cara Mudah Membuat Visa Turis Australia

Yang perlu diingat saat membuat visa turis Australia!

  • Untuk apply visa turis ini, kamu tidak perlu lagi datang ke kedutaan Australia maupun ke VFS seperti tahun-tahun yang lalu.
  • Berbeda dengan kebijakan kedutaan negara lainnya, untuk pengurusan visa turis/kunjungan ke Australia, kamu tidak perlu lagi mengirimkan paspor asli (fisik) kamu kepada siapapun. Paspor tetap kamu pegang sendiri, simpan baik-baik di rumah. Jangan sampai hilang ya.
  • Prosesnya berapa lama kak? Tidak ada jawaban yang pasti untuk ini, menurut situs imigrasi, proses visa up to 29 hari kerja. Ada beberapa orang yang dalam 5 hari kerja, visanya sudah diapprove. Kalau gw sendiri, biasanya gw akan apply sekitar 3-4 minggu sebelum berangkat. Jika kamu akan berangkat di musim liburan seperti summer dan christmas period Australia, sebaiknya apply setidaknya 4-5 minggu sebelum berangkat.
  • Jika permohonan visa disetujui, maka visa akan diberikan via email, berisikan dokumen dengan No bukti Visa (Visa evidence Number).
  • Email berisi dokumen dengan Visa Grant Number ini diprint dan diselipkan di paspor kamu saat kamu tiba di Australia. Saat check in di bandara juga akan ditanyakan dokumen ini. Jadi jangan lupa diprint!
  • Yah berarti ga ada stiker visa Australia di paspor donk? Ya benar, Visa Australia tidak menggunakan label. Namun jika kamu ingin mempunyai label / sticker visa australia, kamu bisa proses setelah kamu memasuki wilayah Australia. Stikernya bisa didapatkan di Kantor Imigrasi Australia setempat di kota tersebut. Prosesnya skitar 15 menitan. Hanya ada di kota besar ya, seperti Sydney! Oh ya, biaya untuk label stiker ini adalah AUD70.

Udah gitu aja, mengurus liburan ke Australia jadi jauh lebih mudah bukan? Have fun guys, Australia itu keren banget!

Salam,
@iamMariza yang kepingin road trip di Australia for the 3rd time. Ahey.

Baca juga: Hal yang Perlu Diingat Saat Apply Visa.

6 COMMENTS

  1. Makasih banyak atas blog-nya cuma aku masih bingung pas isi formulir aplikasi online-nya. Kan ada bagian detil KTP ya, terus ada date issue sama date expire. Nah E-KTP aku masih yang tertulis expire 2017, pdhl kan sekarang berlaku seumur hidup, tapi ngga perlu ganti E-KTP itu. Terus gimana ya? Apa tetap ditulis expire atau ngga?

    View Comment

LEAVE A REPLY