Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Paling Murah

Promo atau ga promo, selalu ada cara jitu untuk mendapatkan tiket pesawat paling murah. Jadi, gimana sih cara cari tiket penerbangan murah di Indonesia kak? Ini tips & trik gw!

  1. Jam Mencari

Pernah ada orang “insider” bilang ke gw. Kalau cari tiket pesawat online, lakukanlah pagi sebelum jam 11 siang. Yah gw nurut aja sih. Dan berdasarkan pengalaman gw (sebagian besar) memang terbukti kalau harga tiket pesawat kadang turun di pagi hari menjelang siang. Kalau sudah sore atau malam biasanya harganya suka naik dari harga normal. Apalagi kalau last minute booking seperti H-1 sampai H-7 (di luar periode liburan besar ya), harga biasanya akan kembali normal di pagi hari keesokan harinya.

2. Waktu Terbang

Untuk penerbangan domestik sendiri, sebagian besar dari pengamatan gw nih, kebanyakan flight yang murah adalah penerbangan yang paling pagi atau paling malam. Pokoknya yang jamnya menurut gw ga enak! Yang bikin bangun subuh buat ngejar flight. Atau yang bikin bete karena akan delay lama ngelewatin jam tidur gw. Tapi kalau gw sendiri, gw akan memilih penerbangan sekitar jam 10 pagi biar nanti pas hari H gw ga harus bangun subuh. Atau gw pesan penerbangan yang take offnya pas jam sunset time. Di jam segini biasanya langitnya indah banget. Kadang masih ada flight yang murah kok, di jam-jam ini.

3. Bandingkan di Berbagai Aplikasi

Okeh. Jadi kita cari tiketnya di mana? Situs atau aplikasi yang pertama kali akan gw kunjungi adalah Traveloka (ini favorit gw), kemudian Tiket.com, terus Tokopedia dan Bukalapak, ga lupa juga olshop favorit gw JD.ID dan terakhir gw buka Nusatrip.
Kamu cek semua harga penerbangannya sesuai rute yang kamu mau di situs/aplikasi yang gw sebutin tadi! Tulis di kertas ya. Kemudian, cek juga di situs atau aplikasi tersebut; halaman / menu “Lihat Semua Promo”. Nah, kamu cari aja Kode Promo yang berlaku saat itu! Jangan lupa cek Syarat dan Ketentuan masing-masing promo ya. Terkadang suka ada promo hanya berlaku di hari tertentu, atau promo hanya berlaku jika harga tiket setidaknya Rp 1 juta dan masih banyak lagi. Tulis semua harga  sebelum promo dan harga setelah promo di kertas tadi!

4. Jadi Member.

Setelah kamu tulis semua harga di situs-situs tersebut. Nah sekarang kamu kunjungi situs resmi airlines yang memiliki rute yang kamu inginkan. Kamu coba langsung daftar untuk jadi anggota Newsletter. Terkadang, anggota/member baru suka dikirimin kode promo atau info promo saat ini via email.

5. Promo Kartu Kredit, Kartu Debit & Payment Gateway

Sebelum booking tiket, kamu juga harus mengunjungi situs resmi bank kartu kredit / debit kamu dan juga situs payment gateway seperti OVO, GOPAY dan TCash! Coba kamu cek juga akun sosmed mereka, terutama Instagram ya! Terkadang disaat membayar menggunakan kartu/akun e-payment tertentu, kamu akan mendapatkan cashback yang lumayan WOW.

6. Sabar Sedikit, Akan Ada Online Flight Sale!

Hampir di setiap 3-6 bulan sekali, setiap airlines akan mengadakan Online Sale atau Travel Fair. Makanya jangan lupa untuk follow akun-akun sosmed airlines tersebut supaya kamu menjadi salah satu orang pertama yang tahu mengenai harga promo maupun info tiket  pesawat yang murah!

7. Follow Akun Penting Ini!

Akun yang gw maksud adalah akun twitter dan instagram gw. Cari aja @iamMariza. Gw sering kok ngasi info promo tiket pesawat murah via tweet atau Instagram Stories (cek aja Highlighted Story gw). Turn on notificationnya biar ga ketinggalan.

Sekian tips & trik jitu gw untuk mendapatkan tiket pesawat paling murah di Indonesia. Stay tuned terus di akun sosmed dan blog gw. Karena gw juga akan segera publish Cara Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Rute Internasional seperti ke Eropa, Amerika, Australia, Jepang dan lainnya. Pokoknya ciamik tips & trik gw deh. Karena memang triknya sedikit berbeda dengan yang gw jelaskan di artikel ini. Sabar ya! Selagi menunggu, monggo lho artikel ini dishare ke teman-teman kalian. Siapa tau mereka membutuhkannya. 🙂

Baca juga:
Traveling Murah Menggunakan Airbnb
Daftar Penginapan di Kuta – Seminyak Bali Rp100rban dengan Kolam Renang!

Selamat hunting tiket ya!
@iamMariza, yang mempunyai rekor terbang Rp10rb ke Bali, Rp700rb PP ke Raja Ampat (Sorong), 400rban ke Vietnam.

LEAVE A REPLY