Ada yang pernah nanya ke gw di twitter mengenai cara cari teman baru saat traveling sendirian. Sebenarnya sih gampang banget, be open minded is the first rule. Ga tau ini katanya yang tepat apa bukan. Maksudnya gw adalah kamu harus berani terbuka kepada hal-hal baru. Berani (dan mau) belajar hal-hal baru. Kenapa? Hmmm, sama halnya kaya pintu. Gimana orang lain mau masuk ke rumah kita kalau pintunya tertutup rapat? Jika pintu terbuka, orang akan mudah untuk masuk. Make sense ga? Haha.

Okeh selain be open minded. Kamu juga bisa mulai mencari teman baru melalui beberapa cara:

Komunitas online.
Ada banyak komunitas online yang fokus ke traveling. Contohnya kaya Couchsurfing. Selain ini, juga ada website seperti Meetup yang juga punya kategori traveling. Akhir-akhir ini gw juga iseng cari facebook grup yang berhubungan dengan traveling. Kalau di Australia, facebook group seperti Perth Backpacker cukup membantu juga. Ada banyak kok, pakai saja kata kunci [nama kota]+[backpacker/traveler].

Day Tour.
Hampir di semua kota pasti punya paket day tour. Bahkan ada yang gratis lho. Coba saja cari di google: [nama destinasi] + free walking tour. Ingat the first rule! Selama day tour cobalah untuk ramah dan mencoba ngobrol ke sesama peserta day tour. Siapa tau kamu ketemu jodoh. *eh*

Android / iOS travel apps.
Coba aja download aplikasi seperti Travello, Backpackr, Wandermates, dan hmmmm…Tinder? Di aplikasi ini kamu bisa ketemu traveler-traveler lain yang mungkin punya itinerary yang sama dengan kamu. Banyak juga yang cari travel mates untuk sekedar cari teman baru, sharing transport, patungan bayar guide, dll.

Volunteer.
Mau cari teman baru sambil melakukan kebaikan? Coba cek komunitas WWOOF. Di website ini kamu bisa mencari tempat kamu bisa jadi relawan untuk mendapatkan akomodasi (dan makan) gratis lho.

Rideshare.
Pernah nebeng naik mobil teman? Itu mah dah biasa. Gimana kalau kamu coba nebeng di mobil orang yang kamu belum kenal? Pingin nyobain tapi takut diculik? Coba google aja: free ride share. Kalau di Indonesia yang paling terkenal adalah komunitas Nebengers. Kata teman gw, kalau di eropa, kamu bisa cobain Blablacar. Kalau di Australia, gw biasanya cari di group backpacker atau di Gumtree.

Hostel.
Menginap di dormitory room di hostel adalah cara yang paling sering gw gunakan untuk cari teman baru. Kenapa? Karena hampir 99% yang menginap di kamar jenis dormitory (asrama) adalah solo traveler. Nah biasanya solo traveler pasti nyari teman baru untuk traveling bareng supaya (setidaknya) bisa sharing sewa transport.

Punya tips lain? Yuk share di kolom komentar dibawah ya.

Cheers,
@iamMariza, traveler pemalu yang selalu dapat teman baru saat traveling.

SHARE
Previous articleAplikasi Road Trip di Australia
Next articleTravel hacks: di bandara.
Born in Surabaya and raised in Jakarta in a multicultural family, her parents introduced to her the world of traveling at a young age and she has been addicted to backpacking since 2008, dumping her tourist status quo. She is the founder of lagunatrip.com. Follow her rants and ramblings about her life as a traveler on her Twitter: @iamMariza

LEAVE A REPLY