Beli SIM Card Eropa atau SIM Card Internasional

Beli SIM card eropa atau beli SIM card internasional di Indonesia? Yang mana yang lebih murah untuk internetan di luar negri? Mana yang lebih baik? Semoga tulisan ini membantu kamu untuk memutuskan. Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui!

Beli SIM card, perlu ga sih?
Kalau kamu berencana untuk ngirit dengan tidak membeli SIM card, sebenarnya ya gapapa. Tapi menurut gw, SIM card itu perlu banget. Terutama yang berencana ke eropa secara independent, tanpa mengikuti group tour travel agency. Untuk memakai transportasi umum, lebih mudah menggunakan fitur di google map. Langsung tahu rutenya, jam berapa, kereta / bus mana, jarak tempuh, waktu tempuh bahkan harga juga kadang sudah tertera di aplikasi google map. Gw benar-benar sangat bergantung pada google map untuk mengetahui jadwal dan rute kereta / bus dalam kota, bahkan saat gw sepedaan explore kota tersebut.

Mesti tahu: kafe di eropa banyak yang pelit!
Nyari internet wifi gratisan di eropa ternyata ga semudah seperti di Indonesia. Ga semua kafe atau restoran di eropa menyediakan internet wifi gratis. Bahkan ada beberapa hostel / airbnb yang tidak menyediakan internet wifi gratis, ada yang minta fee extra charge untuk ini. Nyebelin memang. Huh.

Ribetnya proses registrasi SIM card eropa!
Kalau kalau berencana membeli SIM card di Eropa seperti di negara Jerman atau Perancis, kadang proses registrasinya cukup ribet. Dari pengalaman gw sendiri, providernya hanya menggunakan bahasa lokal (bukan bahasa inggris), ada yang meminta data ID lokal beserta alamat rumah di eropa untuk verifikasi. Setelah berhasil registrasi, belum tentu internetnya bisa dipakai di negara lain. Butuh waktu lebih dari 1 hari untuk bisa aktifin SIM card perancis gw biar bisa internetan di luar negara Perancis, padahal ini dah dibantuin ama teman gw yang orang perancis. Ribet bet bet! *masih kesal sampe sekarang*.

Yang mana yang lebih murah?
Dari segi harga, paket internet SIM card eropa sama paket internet SIM card internasional sebenarnya ga jauh beda. Dan jangan lupa kalau exchange rate rupiah makin anjlok. Jadi jangan salah ngirit ya. Kalau mau ngirit, jangan ngirit di SIM card, ngiritnya di transportasi aja.

Inilah rekomendasi gw!
Berdasarkan pengalaman gw kalau kalian tetap mau internetan (dan traveling) lancar selama di eropa, tapi ga mau ribet dan punya budget terbatas, mending beli aja SIM card internet internasional di Indonesia. Di Instagram banyak kok yang jual SIM card ini. SIM card yang gw pakai di eropa gw dapetin dari Adventure Travels di Instagram pas sebelum gw berangkat ke eropa. Gw aktifin SIM card ini saat gw lagi transit di Oman. Cara aktifin SIM card nya juga gampang banget. Gw sangat merekomendasikan SIM card ini, karena di setiap negara yang gw kunjungi (Jerman, Perancis, Austria, Belanda) gw selalu dapat network 4G. Internetnya ga pake lemot, sumpah! Bahkan kadang saat teman gw yang pakai SIM card eropa lagi lemot, network SIM card yang gw pakai masih lancar jaya karena SIM cardnya dah 4G. Haha.

Ps: SIM card internasional dari Adventure Travels ini banyak macamnya. Ada yang buat Eropa, Jepang, Korea, Amerika, Australia, Malaysia, Singapore, dll. Banyak deh, bisa dipakai di 74 negara. Jadi mending langsung kontak mereka kalau kalian sedang cari SIM card internasional untuk internetan di luar negri.

Salam,
@iamMariza yang kapok kena hack beberapa kali setelah pakai wifi gratisan di stasiun bus di Eropa.

Baca juga: Jalan-jalan Murah Keliling Eropa!

Disclaimer: The SIM card was gifted to me. However, all opinions expressed are my own and do not reflect the view of the sponsor.

LEAVE A REPLY