6 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berangkat Liburan Ke Thailand

Liburan tahun ini mau ke mana guys? Kalau mau liburan ke luar negri yang murmer, gw sangat menyarankan Thailand! Kenapa? Karena selain akomodasi di Thailand terbilang murah, biaya yang kamu keluarkan untuk makanan dan transport juga ga mahal lho. Nah 6 hal yang harus kamu ketahui sebelum berangkat liburan ke Thailand. Ini tips dari gw!

Visa.
Sama seperti negara ASEAN lainnya. Untuk berkunjung atau liburan ke Thailand, kamu tidak perlu mengocek kantong yang dalam. Karena untuk masuk ke Thailand sebagai turis, kamu tidak akan dikenakan biaya visa apapun. Yang artinya semua pemegang paspor Indonesia dapat masuk ke Thailand secara gratis alias bebas visa.

Website Wisata thailand.
Pertama kali ke Thailand? Kalau kamu sedang cari referensi tempat-tempat asik untuk dikunjungi selama kamu liburan di Thailand, ada baiknya kamu ubek-ubek website resmi Wisata Thailand. Website ini memang dibuat khusus oleh TAT (Tourism Authority of Thailand) untuk turis yang ingin berlibur di Thailand. Jangan lupa untuk sign up newsletter dan juga follow akun Instagram @WisataThailand, suka ada info promo maupun voucher gratisan lho.

Tukar Uang atau tarik tunai?
Banyak yang nanya, lebih baik bawa rupiah atau bawa dollar atau bawa uang baht sebelum berangkat? Kalau menurut pengalaman teman gw yang sudah traveling ke 29 negara, lebih baik menarik uang di ATM pas sudah sampai di Thailand. Dan gw setuju sih sama teman gw yang ini. Karena kalau dihitung-hitung sama saja kok. Ga beda jauh. Dan resiko kehilangan uangnya lebih kecil. Tapi cek dulu biaya tarik tunai ATM bank kamu ya. Saat ini setau gw CIMB Indonesia tidak mengenakan biaya tarik tunai di seluruh jaringan bank CIMB di Thailand, Vietnam dan Singapura. Ratenya pun tidak buruk kok. Cukup bersaing dengan rate money changer. Kalau bank lain seperti bank BCA atau Mandiri, biasanya mengenakan biaya tarik tunai sebesar Rp 20.000 – Rp 30.000. *ini bukan promo CIMB lho*

Money changer.
Nah kalau kamu lebih memilih membawa uang tunai. Lebih baik bawa uang US dollar/Thai Baht dari pada uang Indonesia Rupiah. Nilai tukar IDR di negara Thailand sangatlah buruk ratenya. Sangat sangat sangat buruk. Beneran deh. Dan ga semua money changer di Thailand menerima IDR. Selama gw di Thailand, gw menemukan hanya ada 2 money changer yang menerima uang rupiah, itupun dua-duanya hanya ada di MBK. Kalau mau cari THB/USD di Jakarta, kamu bisa cek money changer di Mall Ambassador di lantai bawah.

Simcard.
Ga bisa jauh-jauh dari internet? Paket internet yang disarankan oleh pakarnya Thailand, tim TAT Jakarta, adalah DTAC 4G Tourist Simcard. Setelah gw cross check, memang benar sih. Ini deal terbaik untuk internetan selama di Thailand. Selain murah, DTAC mempunyai jaringan luas. Jadi ke mana pun kami pergi, signalnya selalu ada. Dan bisa di-Tethering (share ke laptop/gadget lain) lho. Kalau dibandingin dengan paket roaming provider Indonesia dan paket provider lokal Thailand lainnya, harga DTAC masih lebih murah dan kuotanya pun lebih banyak. Saat trip #WomensJourneyThailand2017, harga paket unlimited internet (4GB at max speed) untuk 8 hari seharga 299 Baht (sekitar 120rban rupiah). Untuk mendapatkan sim card DTAC, kamu bisa beli di DTAC shop Bangkok Airport di depan exit pintu terminal kedatangan (arrival).

Aplikasi Thailand Muslim Friendly Destination.
Nah untuk teman-teman yang muslim, gw sangat menyarankan untuk mendownload aplikasi Thailand Muslim Friendly Destination. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan tau lokasi masjid terdekat, lokasi tempat makan yang mempunyai menu halal bahkan daftar akomodasi yang direkomendasikan juga ada lho. Gw ga nyangka juga sih, kalau Thailand ternyata negara yang friendly untuk teman-teman yang muslim yang ingin liburan di sana.

Sekian travel tips dari gw untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ke Thailand baik sendiri maupun dengan keluarga.

Salam traveling,
@iamMariza

Disclaimer: #WomensJourneyThailand2017 is an invitational trip hosted by @WisataThailand from TAT (Tourism Authority of Thailand) Jakarta. All opinions expressed are my own and do not reflect the view of TAT.

LEAVE A REPLY