5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Liburan ke Yogya Lagi!

Buat yang tahun ini sudah liburan ke Yogya, good on you! Tapi tunggu dulu, gw ada 5 alasan kenapa kamu mesti liburan ke Yogya (lagi).

Alasan #1: Murah!
Kota ini masih tetap sama. Kota ini masih lebih murah dari pada liburan di Bali. Dari segi harga akomodasi dan makanan, kota destinasi liburan wisatawan lokal nomer 1 di Indonesia, masih memberikan harga standar pelajar. Jadi jangan takut liburan di kota ini. Murmer banget!

Alasan #2: Banyak acara gratisan!
Selain menjadi kota pelajar, tahukah kamu bahwa Yogya adalah kota pusat seni kontemporer Indonesia. Dan lebih kerennya lagi gw pernah dengar kalau Yogya dikenal sebagai pusat seni rupa kontemporer di Asia Tenggara, keren kan? Ga heran kalau hampir sepanjang tahun pasti ada pembukaan pameran, acara musik maupun kegiatan seni budaya yang diadain oleh komunitas seniman yang mempunyai basecamp di kota Yogya. Cek di sini untuk agenda wisata Yogya di tahun 2017.

Alasan #3: ArtJog 10!
Ngebahas lebih lanjut tentang seni kontemporer, kota Yogya mempunyai acara tahunan seni rupa yang berskala internasional; Art|Jog. Sumpah, gw aja yang ga terlalu demen atau ngerti tentang seni, gw senang banget ngeliat karya-karya yang ada di pameran ini. Dan 2 tahun terakhir gw selalu datang ke acara ini. Harapan gw tahun ini adalah semoga karya-karya nya lebih gila dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, ArtJog mengambil tema “Changing Perspective”. Dari tema nya aja gw jadi penasaran banget. Jadi ingat ya, pastikan kamu ada di Yogya 19 Mei – 19 Juni. ArtJog 10 akan diadakan sebulan penuh di JNM (Jogja National Museum) yang letaknya skitar 1.3km dari jalan Malioboro. More info about ArtJog 10 on www.artjog.co.id

Alasan #4: Ngopi yuk!
Ga mau kalah dengan kota-kota lainnya. Konon sejak 1 tahun belakangan ini, hampir setiap bulan pasti ada setidaknya 1 tempat ngopi baru di Yogya. Harganya pun masih dibawah harga kota Jakarta maupun Bali. Jadi jangan khawatir ngopi cantik di Yogya. Dompet ga akan langsung kempes. Tapi sebelum nyobain tempat-tempat baru ini, kamu sempatkan dulu untuk ngopi sederhana ala orang lokal Yogya. Kamu bisa cobain kopi jos di dekat Stasiun Kereta Tugu atau ngopi santai di Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat. Setelah itu baru deh ngopi-ngopi cantik ala hipster di tempat-tempat seperti Cafe Brick, Awor Gallery and Coffee, Nox Coffee Boutique dan Epic Coffee! Sebenarnya masih banyak tempat baru, tapi entar postingan ini jadi terlalu panjang. Mending cek postingan gw “Tempat Wisata Kuliner di Jogja” buat cari ide lebih banyak lagi.

Alasan #5: Jogja itu ngangenin.
Entah karena becaknya, entah karena senyuman tulus orang-orang di kota ini, entah karena kopi sederhananya, entah karena jogja itu murmer, entah karena banyak acara yang keren (dan gratis) di kota ini, kota Yogya ini pokoknya memang ngangenin. Ga sedikit teman gw yang datang berkali-kali ke Yogya cuma untuk bersantai ria. Kota ini terbilang kecil, jadi wisata ke spot-spot menarik ga akan memakan waktu yang lama (lihat peta wisata di sini). Untuk tingkat kemacetan sih terbilang ga parah kok. Hanya saja, Yogya memang jauh lebih ramai jika sedang long weekend atau sedang ada acara tahunan seperti ArtJog, Perayaan Waisak di Borobudur, Ngayogjazz.

Sebagai catatan tambahan buat yang mau ke Yogya naik pesawat, dikarenakan karena peningkatan jumlah wisatawan yang meningkat, penerbangan ke Yogya pun makin bertambah. Jadi opsi penerbangannya juga makin banyak opsinya. Tapi berhubungan bandara udara Adi Sutjipto sudah bisa dibilang terlalu ramai dan juga masih berbagi dengan urusan militer (seperti acara Jogja International Air Show, minggu lalu), maka tidak bisa dipungkiri lagi kalau hampir setiap hari akan ada penerbangan yang diajak muter-muter di langit Yogya terlebih dahulu sebelum mendarat di Yogya. Hal ini dikarenakan terjadinya antrian untuk mendarat yang diatur oleh pihak Air Traffic Controller (pemandu lalu lintas udara). Jadi harus sabar dikit ya guys. Gw sangat saranin untuk ambil penerbangan pagi ke Yogya! Jadi kalau memang diajak pilotnya muter-muter di atas kota Jogja, bisa skalian foto gunung Merapi dari atas udara. Keren deh!

Selamat menikmati Yogya,
@iamMariza – yang pasti akan lihat Art-Jog tahun ini. Yang mau bareng ke sana ama gw, kontak gw aja ya!

Disclaimer: This post is sponsored by Citilink Indonesia. All opinions expressed are my own and do not reflect the view of the sponsor.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY