3 Penyesalan Terbesar Setelah Jalan-Jalan Bareng #WomensJourneyThailand2017

Tahun ini, gw dan beberapa travel influencer dari Indonesia; Sharon Loh, Satya Winnie, Yuki Anggia dan Patrishiela dari PPC diundang oleh TAT Jakarta, Tourism Authority of Thailand, untuk mengunjungi Bangkok dan Chiang Mai. Dari trip bertema #WomensJourneyThailand2017 ini, gw mempunyai 3 penyesalan terbesar setelah jalan-jalan bareng mereka, dan hal ini harus gw share ke kalian. Pokoknya jangan sampai kalian melakukan kesalahan yang sama ya!

Penyesalan pertama: Shopping
Pantesan banyak banget owner online-shop atau toko baju di Jakarta yang pergi ke Bangkok buat re-stock barang-barang untuk dijual lagi di tokonya. Selain penerbangan ke Bangkok terbilang tidak mahal, harga baju-baju di sini edan banget murahnya. Kalau dah sampai Jakarta, baju-baju ini bisa 2x 3x lipat lebih mahal lho. Jadi bayangin aja harga dress yang dijual Jakarta sekitar 250rban ke atas, di Bangkok harganya cuma 80rb-100rban. OH MY!

Wisata Belanja di ASIATIQUE Riverfront
Wisata Belanja di ASIATIQUE Riverfront.

Ini adalah penyesalan pertama gw; TIDAK BELANJA waktu kami pergi makan malam di Asiatique The Riverfront, salah satu shopping centre di tepi Sungai Chao Praya, yang terkenal dengan fashion market ala hipster, tempat makan dan nongkrong yang asik, serta bianglala terbesar di Bangkok. Barang-barangnya tidak murahan, tapi harganya murah banget. Sungguh sampai sekarang pun gw masih menyesal tidak langsung beli dress yang gw suka. Soalnya barang-barang yang dijual di sini belum tentu bisa kamu temukan di market lain di Bangkok.

Bianglala ASIATIQUE terbesar di Bangkok
Bianglala ASIATIQUE Riverfront terbesar di Bangkok.

Other recommended places to go untuk wisata belanja adalah Pratunam Market, MBK Center (Mah Boon Krong Center), dan Chatuchak Market. Untuk yang mau belanja barang branded, bisa coba kawasan SIAM (Siam Paragon, Siam Center, dan Siam Discovery). Ps: kalau mau belanja produk kecantikan, bisa coba ke Eveandboy.

Penyesalan kedua: Mango Sticky Rice
Ini adalah satu dessert khas Thailand yang tidak bisa dilewatkan kalau sedang berada di Thailand. Perpaduan potongan buah mangga yang segar dan manis, dengan nasi ketan yang gurih yang disiram sedikit kuah santan kental. Enak banget, sungguh! Mangganya beda ama yang di Indonesia. Karena gw adalah dessertarian, Mango Sticky Rice adalah favorit gw.

Jadi penyesalan kedua gw adalah TIDAK MAKAN Mango Sticky Rice sesering mungkin selama gw di Thailand. Untungnya gw sempat diajak untuk ikuti kelas masak makanan Thailand di Amita Thai Cooking Class. Jadi sekarang gw dah tau rahasia cara orang Thailand bikin Mango Sticky Rice yang enak.

Amita Thai Cooking Class
Amita Thai Cooking Class

Penyesalan ketiga: Suvarnabhumi Airport Bangkok (BKK)
Waktu kami tiba di Suvarnabhumi Airport, bandara udara ini tidak memberikan kesan yang wow. Terlihat biasa saja. Namun, ternyata terminal keberangkatan di bandara berbanding terbalik dengan terminal keberangkatan. Bisa dibilang hampir sama menariknya seperti bandara di Singapura. Tidak hanya luas, bandara ini memberikan pengalaman berbelanja yang sangat menyenangkan. DFS (Duty Free Shop) di sini okeh banget, banyak ragam produk lokal dan internasional, berbagai merk, seriously! Kafe untuk bersantai-ria pun lumayan banyak. Gw berikan nilai lebih untuk bandara ini karena selain rapi dan toiletnya bersih, bandara ini juga menyediakan mushola lho.

Mushola di Airport Bangkok
Mushola di Airport Bangkok

Jadi penyesalan ketiga gw adalah TIDAK SPARE BANYAK WAKTU di airport yang luas ini, biar bisa keliling lihat ini itu di airport. Belanja atau tidak belanja, window shopping kan juga menyenangkan! Lumayan lah, bisa nyobain ini itu. Gratis. Hehe.

Dari 3 penyesalan gw yang gw sebutin di atas, semuanya membuat gw TIDAK menyesali mengunjungi Thailand untuk kedua kalinya! Karena #WomensJourneyThailand2017 ini; pandangan gw mengenai Thailand yang dulu menurut gw sangat membosankan, buat gw sekarang telah berubah. Dibandingkan dengan kunjungan pertama gw ke Thailand di akhir 90an, trip ini bikin gw pingin balik lagi ke Thailand, secepatnya! Thailand telah berubah. In a good way. Thailand yang sekarang adalah negara yang maju dan sangat menyenangkan untuk wisata belanja, budaya dan kuliner. TSAAAAAH! Ga perlu takut bokek, karena negara ini relatif murah dibandingkan negara lain di ASEAN.

Cheers,
@iamMariza, yang lagi cari tiket promo ke Thailand.

Disclaimer: #WomensJourneyThailand2017 is an invitational trip hosted by @WisataThailand from TAT (Tourism Authority of Thailand) Jakarta. All opinions expressed are my own and do not reflect the view of TAT.

LEAVE A REPLY